Lomba Karya Murid Dalam Memperingati Hari Guru
1. Latar Belakang
Pendidikan Guru Penggerak (PGP) merupakan sebuah program yang dicanangkan oleh kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Program ini merupakan sebuah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Salah satu kegiatan yang ada dalam Program Guru Penggerak ini adalah melaksanakan program Aksi Nyata di satuan pendidikan calon guru penggerak (CGP).
Terdapat Beberapa Modul yang harus diselesaikan Calon Guru Penggerak. Salah satu modul tersebut adalah Modul 1.2. yang berisi tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak. Terdapat materi dokumen model kompetensi guru hasil uji publik. Dalam modul tersebut juga terdapat kategori Pengembangan Profesi Berkelanjutan yang menyebutkan bahwa Seorang Guru henddaknya memiliki Kompetensi sebagai berikut:
- Menunjukkan kebiasaan refleksi untuk pengembangan diri secara mandiri (self regulated learning). Maksudnya adalah Seorang guru hendaknya memiliki kemampuan untuk melakukan pengembangan diri dan selalu meng upgrade pengetahuan dan menjadi seorang long life learner (Pembelajar sepanjang hayat)
- Menunjukkan kematangan moral, emosi dan spiritual untuk berperilaku sesuai kode etik. Hal ini dapat terlihat dari perilaku dan tindak tanduk seorang guru yang menjadi teladan (di gugu dan di tiru) bagi muridnya.
- Menunjukkan praktik dan kebiasaan bekerja yang berorientasi pada anak (working with children). Hal ini juga tertuang dalam filosofi pendidikan yang di cetuskan oleh Ki Hadjar Dewantara. Dimana dalam filosofi tersebut dikatakan bahwa setiap anak adalah unik dan guru hendaknya mampu mengembangkan bakat dan kemampuan anak tersebut.
- Melakukan gotong royong pengembangan bersama dan bagi orang lain untuk menumbuhkan nilai-nilai Pancasila (developing others). Seorang Guru hendaknya mampu berkolaborasi dengan rekan sejawat maupun pihak lain sehingga menumbuhkan komunikasi yang baik sehingga dapat menumbuhkan nilai - nilai Pancasila (Gotong Royong)
- Mengembangkan karier melalui partisipasi aktif dalam organisasi profesi guru (professional development). Setiap guru hendaknya berpartisipasi dalam organisasi keprofesian, seperti Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Tujuannya dalah agar dapat meningkatkan profesionalisme guru tersebut.
Nilai - Nilai Seorang Guru Penggerak
Sedangkan seorang guru penggerak harus dapat memiliki nilai-nilai sebagai berikut :- Mandiri,
- Reflektif,
- Kolaboratif,
- Inovatif, serta
- Berpihak Pada Murid
- Mandiri,
- Reflektif,
- Kolaboratif,
- Inovatif, serta
- Berpihak Pada Murid
Peran Guru Penggerak
Berikut ini akan dijelaskan 6 peran Guru Penggerak dalam program Merdeka Belajar yang telah di Programkan Oleh Kemendikbud :
- Mendorong Peningkatan Prestasi Akademik Murid. Peran ini merupakan peran yang dimiliki oleh kedua jenis guru, baik itu Guru Penggerak maupun guru dengan definisi baik. Peran mendorong peningkatan prestasi akademik murid selaras dengan tujuan Merdeka Belajar yaitu menciptakan generasi hebat di masa yang akan datang. Peran ini juga sesuai dengan aspek Profil Pelajar Pancasila yang mengharuskan siswa untuk bernalar kritis dan berakhlak mulia agar prestasi akademiknya meningkat.
- Mengajar dengan Kreatif. Guru yang baik mampu menemukan metode yang tepat dalam penyampaian materi belajar, begitu juga Guru Penggerak. Terkadang siswa merasa jenuh ketika bahan ajar yang dijelaskan guru hanya disampaikan dengan metode tradisional semacam penyalinan buku teks. Melalui pengajaran dengan metode yang kreatif, guru secara tidak langsung telah memberi contoh kepada siswa untuk selalu berinovasi dalam mencari ilmu.
- Mengembangkan Diri Secara Aktif. Mengembangkan diri secara aktif tak hanya menjadi sebuah keharusan untuk siswa, tetapi berlaku juga untuk Guru Penggerak maupun guru dengan definisi baik. Mengembangkan diri secara aktif berarti selalu berinovasi serta mampu berusaha sendiri dalam meningkatkan kemampuan yang dimiliki. Hal ini sejalan dengan salah satu aspek Profil Pelajar Pancasila yaitu mandiri.
- Mendorong Tumbuh Kembang Murid Secara Holistik. Mulai dari poin ke-4 hingga ke-6 adalah peran yang hanya dimiliki oleh Guru Penggerak. Mereka mendorong tumbuh kembang murid secara holistik mengikuti seluruh aspek Profil Pelajar Pancasila, bukan hanya di kelasnya tetapi juga di kelas lain. Guru Penggerak tidak terpaku dengan kurikulum yang ditentukan. Mereka juga melihat standar pencapaian Profil Pelajar Pancasila dan mencocokkan dengan metode pengajarannya.
- Menjadi Pelatih (Coach/Mentor) Bagi Guru Lain untuk Pembelajaran yang Berpusat Pada Murid. Guru Penggerak memiliki program untuk melatih potensi mentorshipdan kepemimpinan mereka untuk mampu membantu guru-guru lain. Guru Penggerak memiliki tempat pelatihannya berbentuk sekolah, sehingga para guru yang lulus baru bisa menjadi Guru Penggerak. Jalur karir dari Guru Penggerak yaitu menjadi kepala sekolah, pengawas sekolah, serta instruktur pelatihan guru. Ketiga posisi tersebut membutuhkan skill kepemimpinan yang tinggi.
Guru Penggerak diharapkan mampu untuk melakukan perubahan di masing-masing institusi pendidikan mereka. Dalam mewujudkannya, Kemendikbud akan berkolaborasi dengan semua kepala dinas dan pemerintah daerah untuk memastikan hal ini terjadi, sehingga peran Guru Penggerak dapat mencakup seluruh wilayah Indonesia.
Sebuah tantangan besar dihadapi oleh seluruh guru di seluruh Indonesia. Pandemi Covid 19, memaksakan setiap orang balajar dari rumah. Sama halnya dengan Penulis yang melaksanakan pembelajaran dengan daring terhadap murid. Belajar dari rumah dengan berbagai tugas yang diberikan oleh Guru sesuai dengan kurikulum telah membuat para murid jenuh. Hal ini yang menjadikan penulis merasa perlu melakukan suatu tindakan aksinyata yaitu merancang suatu kegiatan yang menyenangkan namun harus dilakukan secara kolaboratif. Aksi nyata yang dilakukan yaitu membuat sebuah Lomba Karya Murid secara daring dan luring dengan Tema "Temukan Bakatmu" sebab hal ini belum pernah dilakukan di SMP Negeri 3 Satu Atap secara daring, hal ini dapat membangun kerjasama antara semua warga Sekolah.
2. TUJUAN
- Kolaborasi antara Guru dan Murid dalam event ini.
- Toleransi Keberagaman
- Menggali potensi murid
3. KEGIATAN AKSI NYATA
4. HASIL DARI AKSI NYATA
- Guru memahami pentingnya mengembangkan potensi dalam diri murid melalui kegiatan-kegiatan positif. Kegiatan ini juga hadir dari ide-ide kreatif para murid.
- Terciptanya kolaborasi antar rekan sejawat dan para pimpinan Sekolah dalam hal ini Kepala dan Wakil Kepala Sekolah.
- Terjalinnya kerjasama yang baik antara murid dan Guru. Melalui kegiatan ini terlihat adanya kordinasi yang baik antara Guru dan Murid. Guru membantu memberikan petunjuk tentang kegiatan yang dilakukan dan para murid membantu dari proses pendaftaran, mempersiapkan ruangan lomba, menyiapkan hadiah lomba serta penyerahan hadiah.
- Murid merasa dihargai karya-karyanya dengan antusiasme yang diberikan oleh para murid sebagai peserta.
- Tergalinya potensi yang dimiliki murid melalui kegiatan perlombaan. Hal ini dapat terlihat dari hasil karya yang dihasilkan oleh murid tersebut yang dibuktikan dengan mengirimkan video proses pembuatan karya murid tersebut.
- Munculnya rasa gotong royong diantara murid dengan memberikan sumbangan sukarela untuk membantu biaya hadih lomba.
- Kolaborasi baik antara teman sejawat. Dalam kegiatan ini terdapat kerjasama antar teman sejawat. Beberapa rekan guru ikut membantu mensukseskan kegiatan ini. Bererapa diantaranya adalah :
- Bapak Muhammad Rudiono berperan membantu dalam membuatkan Poster Promosi Lomba. Yang bersangkutan merupakan Guru Kesenian..
- Para Guru yang membantu menyusun persiapan hingga pelaksanaan kegiatan, yaitu : Ibu Norminta Sihotang, Ibu Yuni Trisanti, Ibu Yurnani, Ibu Sri Rahayu, Ibu Widarsih, Ibu Laily, Ibu Siti Sumarni, Ibu Siti Rahmah, Ibu Vita.
- Bapak/Ibu Guru wali kelas membantu dalam mempromosikan kegiatan perlombaan dengan mengajak murid untuk berpartisipasi aktif.
5. KEBERHASILAN DAN KEGAGALAN
6. RENCANA PERBAIKAN
7. DOKUMENTASI KEGIATAN
PROPOSAL KEGIATAN PERLOMBAAN DALAM
MEPERINGATI HARI GURU NASIONAL SMP NEGERI 3 SATU ATAP PANGKALAN SUSU
DALAM KARYA MURID
OLEH :
Irma Sunarty Purba
DINAS PENDIDIKAN PEMERINTAH KABUPATEN LANGKAT
TAHUN AJARAN 2020 / 2021
BAB I
PENDAHULUAN
1. Pembukaan
Segala
puji Puji syukut Terhadap Tuhan Yang Maha Esa tas limpahan karunia-Nya kepada
kita semua karena berkat-Nya Saya bisa menyelesaikan proposal ini dengan
sebaik-baiknya. Kita semua tahu bahwa tanpa-Nya kita semua tidak akan bisa
melakukan kegiatan apapun dan juga atas izin-Nya lah kita dapat melakukan
segala aktivitas dengan lancar dan sebaik-baiknya.
2. Latar Belakang
Di
Indonesia sejak tahun 1965 didirikan suatu organisasi yang di beri nama
Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) pada tanggal 25 november. Tanggal
tersebut hingga sekarang kita peringati sebagai hari Guru nasional.
Memperingati hari Guru dapat meningkatkan rasa cinta terhadap guru yang telah
mengajar kita dengan susah payah. Mengingat saat sekarang ini kita sering mengabaikan
dan melupakan jasa-jasa Guru.
Ditengah
masa pandemi ini saya sebagai Guru sudah melihat turunnya motivasi murid
terhadap pembelajaran dan mundurnya rasa menghargai kepada guru karena
pembelajaran online dirasakan sangat membebani murid terutama dalam hal kuota
internet, untuk itu perlu dilakukan terobosan baru terutama di SMP Negeri 3
Satu Atap Pangkalan Susu untuk memperat ikatan antara Guru dan yakni Lomba
Karya murid secara merdeka sesuai dengan potensi yang ada dalam murid tersebut.
Dengan memberikan bantuan kuota internet terhadap murid dalam pembelajaran
daring.
BAB II
ISI
3. TEMA DAN JUDUL
KEGIATAN
Tema yang kami ambil untuk kegiatan ini adalah “ Sosok Guru bagi
kamu “ Adapun untuk judul yang kami
angkat adalah “Temukan Bakatmu”.
4. TUJUAN
KEGIATAN
Kegiatan ini bertujuan untuk :
·
Mempererat tali silaturahmi antar siswa/i dengan
guru Smp Negeri 3 Satu Atap Pangkalan Susu
·
Meningkatkan semangat dan motivasi belajar murid
·
Menemukan Potensi diri murid
5. WAKTU DAN
TEMPAT
Hari dan tanggal : Selasa, 24 s/d 25 November 2020
Waktu.
: 07.30 s/d 11.30
Tempat.
: SMP Negeri 3 Satu Atap Pangkalan Susu
6. PESERTA
Peserta adalah semua murid di SMP Negeri 3 Satu atap Pangkalan Susu
7. PIHAK YANG MENDUKUNG KEGIATAN
Adapun
pihak-pihak yang terlibat adalah sebagai berikut :
1. Kepala Sekolah Sebagai pimpinan dan penyedia
sarana dan prasarana
2. Guru sebagai koordinator dan juri
3. Murid sebagai panitia dan peserta
8. BENTUK DAN
JENIS KEGIATAN
Sesuai dengan tema yang kami angkat yaitu “Temukan Bakatmu” maka kami akan mengadakan Lomba karya Murid di SMP Negeri 3 Satu Atap Pangkalan Susu sebagai penghargaan terhadap Guru maka . Adapun sejumlah kategori serta nominasinya yaitu sebagai berikut :
1. Cipta dan Baca Puisi
Kategori
:
- Kelompok
- Individu
2. Membuat
Video Tiktok Tema Hari Guru:
- Kategori : Kelompok
3. Membuat
karya Seni
- Kategori : Individu
- Kategori : Kelompok
4. Kreasi
Makanan Dari Kentang, Ubi dan Pisang
- Kategori : Kelompok
9. SISTEM
PENILAIAN
Adapun
sistem penilaian yang digunakan adalah sebagai berikut :
- Cipta dan Baca puisi
Dinilai oleh:
Guru secara luring pada tanggal 24 November 2020
Teks puisi
dikirim atau dikumpulkan paling lambat senin 23 November 2020
Ke wa :
Jika berbentuk video maka ditautkan ke
Instagram sekolah
- Membuat Video Tiktok Tema Hari Guru:
Dinilai oleh: Guru dan murid secara online yang video ditautkan ke Instagram Sekolah
- Membuat karya Seni
Dinilai oleh: Guru secara luring hasil karya diserahkan paling lama 24 November 2020
- Kreasi Makanan Dari Kentang, Ubi dan Pisang
Dinilai oleh : Guru
10. STRUKTUR
KEPANITIAAN
Terlampir
11. PEMBIAYAAN
Terlampir
BAB III
PENUTUP
Demikian proposal ini kami buat semoga menjadi bahan
pertimbangan Bapak Kepala Sekolah untuk dilaksanakannya acara memperingati hari
Guru. Akhirnya kami berterimakasih kepada Allah SWT karena-Nya proposal ini
dapat selesai dengan baik. Semoga proposal ini dapat diterima dengan baik.
Waka Kesiswaan
Penanggung Jawab
Wahid
Abdi, SAg Irma Sunarty Purba
Kepala Sekolah
Drs. Bambang Trimurti, M,Psi
LAMPIRAN
9.
STRUKTUR KEPANITIAAN
Pelindung |
Drs.
Bambang trimurti, M.Psi |
Penanggung
jawab |
Irma
Sunarty Purba, S.Pd |
Penasehat |
Wahid
Abdi, S.Ag |
Ketua
Panitia |
Siti
Aisyah |
Koordinator
Lapangan |
Siti
Rismaya, Syalsabila, Siti Syahara,anggrek aulia, Siti Aila |
Panitia
Informasi |
Tania dan Mustika |
Panitia Lomba |
Lindawati,
Cut Nadya, Susiani, Cahya anggraini |
Host |
Aulia
dan ferdy |
Dokumentasi |
Cheisya
Slavina |
Perlengkapan |
Ridho,
M.Akbar, M. Iksan,Dimas,M.Prasetio |
Keamanan |
Imam
Prayogi, Rio, Aidil Bagaskoro |
Jumlah
Panitia = 23 orang
Juri
1.
Puisi
Siti Sumarni, S.Pd dan Syahfitri Sinuraya, S.Pd
2.
karya
Seni
Muhammad
Rudiono, S.Pd dan Yurnani S.Pd, Gr
3.
Tiktok
Widarsih,
S.Pdi dan Laily Zuhri, S.Pd
4.
Kreasi
Makanan
Norminta
Sihotang, S.Pd dan Yuni Trisanti, S.Pd
10.
ANGGARAN
Nama
Barang |
Jumlah |
Harga
Satuan |
Total
Harga |
Poster
|
1 |
||
Proposal |
1 |
_ |
_ |
Hadiah Voucher Kuota Internet |
- |
360.000 |
Rp. 360.000 |
Printout
penilaian |
3 |
- |
- |
Konsumsi |
20 |
- |
Rp. 100.000,- |
Projector |
1 |
- |
- |
Total |
42 item |
- |
RP. 460.000 |
Post a Comment