Bapak dan Ibu Calon Guru Penggerak 

Setelah Anda mempelajari bagaimana membuat program yang berdampak pada murid dengan tahapan 5 D (BAGJA), melakukan monitoring dan evaluasi serta mempertimbangkan manajemen risiko, bagaimanakah Anda membuat perencanaan program yang berdampak pada murid?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, buatlah rancangan pengelolaan program yang berdampak untuk murid dengan melibatkan rekan guru di sekolah Anda dengan menerapkan semua pengetahuan yang telah diperoleh. 

Rancangan program diharapkan dapat memenuhi unsur-unsur berikut:

  1. tujuan program yang berorientasi pada peningkatan kompetensi murid (misalnya kepemimpinan/literasi/toleransi, dll); menggambarkan ide-ide baru dan dapat diterapkan dengan mudah. Tujuan program ini sedapat mungkin selaras dengan visi yang sudah Anda buat pada tahap Lokakarya 3.
  2. tahapan 5 D/BAGJA
  3. rencana Monitoring, Evaluasi, Pembelajaran, dan Pelaporan (Monitoring, Evaluation, Learning, and Reporting)
  4. pelibatan orang tua dan komunitas
  5. durasi program yang berkisar selama 1 bulan.

 Maka saya mencoba membuat rancangan program pengembangan gerakan literasi dengan tujuan menggalakkan kembali kegiatan literasi disekolah setelah vakum karena adanya pandemi. Dengan membaca akan memperkaya ilmu.





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama