• Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ini membahas tentang topik yang berkaitan dengan Pancasila sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Undang - Undang Dasar (UUD 1945), Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika. Istilah ini dikenal juga sebagai 4 (empat) pilar kebangsaan. Berikut ini adalah penjelasan singkatnya.

1. Pancasila

(Sumber gambar : Portalsejarah.id)

Sebagai seuatu negara, Indonesia memiliki dasar negara yang dikenal dengan Pancasila. Pancasila ini lahir pada tanggal 1 Juni 1945. Dalam pancasila ini dikenal juga dengan istila Lima sila atau lima dasar negara yang di tuang dalam sila - sila sebagai berikut : 
1. Ketuhanan yang Maha Esa
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan /perwakilan
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

2. Undang - Undang Dasar (UUD 1945)

(Sumber Gambar : Wikipedia)

Undang - undang diperlukan untuk mengatur setiap warganegara. Sebagai sebuah Negar yang berdaulat, Indonesia juga memiliki undang - undang yang di kenal sebagai UUD 1945. Undang - undang ini di rancang dalam periode waktu 1 juni - 18 Agustus 1945. Berikut ini definisi Undang - Undang Dasar Negara Republik Indonesia yang dikutip dari Wikipedia.

3. Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

(Sumber Gambar : sekolahan.co.id)

Indonesia adalah salah satu negara yang berdaulat yang terletak di kawasan Asia Tenggara dengan ibukota Jakarta. Indonesia merupakan sebuah negara kesatuan yang merdeka dari Belanda tanggal 17 Agustus 1945 yang diproklamasikan oleh Ir. Sukarno dan M. Hatta. Kejadian bersejarah itu dikenang sebagai hari lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Secara geografis, Negara Indonesia sangat strategis karena berada di antara dua benua yaitu benua Asia dan Australia serta diapit oleh dua samudra yaitu samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Batas wilayah darat berada di ujung Pulau Sumatra yaitu Sabang di sebelah barat dan ujung pulau papua yaitu Merauke di sebelah timur. Istilah tersebut dikenal sebagai wilayah daratan Indonesia yaitu dari Sabang sampai Merauke. Dalam rentang wilayah yang sangat luas tersebut, Indonesia memiliki 17.504 Pulau dan 270.054.853 penduduk (Data Tahun 2018) yang tersebar di 5 kepulauan utama yaitu Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi dan Pulau Papua. Indonesia juga memiliki lagu kebangsaan berjudul Indonesia Raya yang diciptakan oleh W.R Supratman.

4. Bhineka Tunggal Ika

(Sumber Gambar : gurugeografi.id)

Secara harfiah, arti Bhineka Tunggal Ika adalah berbeda - beda tapi tetap satu jua. Hal ini karena Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki berbagai Agama Suku, Adat dan Istiadat. Hal yang unik ini menjadikan Indonesia sebagai contoh bagi negara dalam hal menjaga keberagamaan tersebut. Berikut ini data unik tentang Kebinekaan di Indonesia.

Berkah berupa keragaman itu adalah Indonesia
(Sumber Gambar : beritagar.id)

Penutup

Demikian penjelasan singkat tentang Materi pokok pelajaran Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan yang intinya membahas tentang empat pilar kebangsaan yang telah dijelaskan di atas. semoga dapat bermanfaat dan dapat memberikan wawasan baru bagi pembaca.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama